Jenis-jenis Media Grafis




freepik.com
              

Media adalah saluran penghubung yang digunakan untuk menyamakan persepsi. Media terbagi menjadi beberapa jenis, yakni media visual, audio, audio-visual, dan multimedia. Media yang akan dibahas kali ini adalah media visual atau grafis dalam pembelajaran. Langsung saja, berikut adalah macam-macam media grafis yang sudah saya rangkum dalam bentuk tabel;


No

Nama Media Grafis

Kekurangan

Kelebihan

Sumber

1

Grafik

·         Hanya dapat menyajikan satu persoalan

 

·         Dapat memudahkan pembelajar dalam memahami data kuantitatif suatu perkembangan

·         Data statistik yang sulit dibaca dapat dengan mudah disajikan melalui grafik

·         Pembuatannya sederhana

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

2

Banner

o   Pemasangan agak ribet

o   Penyangga mudah rusak

o   Bobot cukup berat

o   Target pembaca luas

Internet

3

Brosur

·         Informasi tidak aktual

 

·         Biaya terjangkau

·         Informasi jelas dan spesifik

·         Pembuatannya cepat

·         Desain sesuai keinginan

·         Distribusi mudah

·          

Internet

4

Bulletin Board

o   Membutuhkan pemikiran dan perencanaan yang cukup matang

o   Dekoratif

o   Motivasional

Smaldino, S. (2011). Instructional Technology & Media Learning. Jakarta: Kharisma Putra Utama

5

Flashcard

·         Hanya menekankan indera penglihatan

·         Kurang efektif jika menerangkan gambar yang kompleks

·         Penggunaan terbatas jika dalam kelompok besar

·         Praktis, guru yang mempergunakan tidak butuh keahlian khusus

·         Ekonomis, murah dan mudah didapatkan

·         Mudah dibawa dengan ukurannya yang kecil

·         Menyenangkan, bisa digunakan untuk belajar sambil bermain

Internet

6

Flipchart

o   Tidak audiotif, sehingga guru berperan lebih untuk memfasilitasi materi audio

o   Teacher oriented, siswa akan kesulitan jika tanpa guru/fasilitator

o   Kurang efektif jika digunakan dalam kelompok besar

o   Dapat menyajikan pesan secara ringkas dan praktis

o   Dapat dilakukan di dalam ruangan atau luar ruangan

o   Bahan pembuatan relatif murah

o   Efektif membantu guru presentasi di area yang tidak ada listrik

o   Mudah dibawa kemana-mana

Internet

7

Karikatur

·         Hanya dapat dipersepsikan indera mata

·         Memengaruhi sikap dan tingkah laku orang yang melihatnya

·         Dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita

·         Murah

·         Mudah digunakan

Internet

8

Komik

o   Ditinjau dari segi bahasa, komik menggunakan kata-kata atau kalimat yang dapat dipertanggungjawabkan

o   Jika digunakan dalam media pembelajaran, komik haruslah dibuat dengan sederhana dan ringan

o   Letak tulisannya tidak biasa sehingga orang-orang terkadang malas membacanya.

o   Menarik perhatian

o   Memotivasi siswa untuk belajar

o   Membangkitkan rasa ingin tahu siswa

Internet

9

Mural

·         Kualitas gambar tidak mksimal

·         Harus mendapat izin pemakaian dinding

·         Bisadibuat di lokasi sempit

·         Murah

·         Menjangkau pembaca secara luas

Internet

10

Papan Flanel

o   Bisa lepas kapanpun

o   Bila terkena angin sedikit saja, bahan berjatuhan

o   Harga tidak murah

o   Sukar menampilkan pada jarak jauh

o   Dapat dibuat sendiri

o   Efisiensi waktu dan tenaga

o   Menarik perhatian

o   Memudahkan guru menjelaskan

o   Item papan flanel dapat diatur dan digunakan berkali-kali

Internet

11

Poster

·         Informasi yang dimuat terbatas

·         Tidak semua materi dapat divisualisasikan melalui poster

·         Sangat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan orang yang melihat

·         Bila dipasang terlalu lama, maka akan membosankan

·         Mudah diingat; pembaca tidak mudah melupakan isi pesan

·         Mengandung pesan tunggal, yang digambarkan sederhana dan menarik

·         Dapat ditempel atau dipasang di mana saja

·         Mudah dibaca dalam kurun waktu yang singkat

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

12

Majalah

o   Pendistribuasiannya tidak merata

o   Terbatas

o   Bahan mudah rusak

o   Dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama

o   Informasi dikemas mendalam

o   Tampilan lebih eksklusif dan bisa menarik minat

Internet

13

Gambar dan Foto

·         Hanya mengendalikan indra penglihatan

·         Tidak seluruh bahan pelajaran disampaikan melalui foto, seperti; proses mengandung gerakan-gerakan tertentu

·         Dapat menghilangkan verbalisme

·         Dapat mengatasi ruang dan waktu

·         Mudah diperoleh

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

14

Lukisan

o   Harga relatif mahal untuk jasa dan alat/bahan

o   Tahan lama untuk diingat

o   Menarik perhatian

o   Memotivasi siswa

Internet

15

Sketsa

·         Hanya fokus pada indera mata

·         Gerakan yang  digambarkan kurang efektif

 

·         Jika gurunya kreatif, idenya dapat dituangkan ke dalamnya

·         Menarik perhatian siswa

·         Pesan yang disampaikan jelas

Smaldino, S. (2011). Instructional Technology & Media Learning. Jakarta: Kharisma Putra Utama

16

Diagram

o   Bersifat simbolis sehingga terkadang sulit dimengerti

o    

o   Rapi

o   Memperjelas suatu arti

o   Penyusunan sesuai

Internet

17

Bagan/Chart

·         Pesan terlalu singkat

·         Bentuk sederhana

·         Hemat biaya

·         Detail

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

18

Kartun

o   Ketahanan, jika dicetak di kertas bisa rusak oleh siswa

o   Penyimpanan, ketika sedang tidak digunakan bisa menjadi sebuah masalah

o   Mungkin terlalu kecil untuk dilihat oleh grup

o   Dua dimensi yang terbatas

o   Besar sekali untuk menarik perhatian

o   Pesan yang banyak disajikan secara singkat

o   Tidak dibutuhkan perlengkapan

o   Tahan lama untuk diingat

o   Memengaruhi sikap dan tingkah laku

Smaldino, S. (2011). Instructional Technology & Media Learning. Jakarta: Kharisma Putra Utama

19

Infografis

·         Pembuatannya lama

 

·         Informasi lebih mudah disampaikan/dipahami

·         Meningkatkan efektivitas pembelajaran

·         Membantu mendongkrak minat pembaca

Internet

20

Papan Magnetik

o   Harganya mahal

o   Memindah-mindahkan visual lebih cepat dibanding papan flanel

o   Kualitas baik

o   Kecil kemungkinan bagi visual untuk jatuh atau tergelincir. Mereka bergerak ketika digerakkan

Smaldino, S. (2011). Instructional Technology & Media Learning. Jakarta: Kharisma Putra Utama

 


0 Komentar