freepik.com |
Media adalah saluran penghubung yang digunakan untuk menyamakan persepsi. Media terbagi menjadi beberapa jenis, yakni media visual, audio, audio-visual, dan multimedia. Media yang akan dibahas kali ini adalah media visual atau grafis dalam pembelajaran. Langsung saja, berikut adalah macam-macam media grafis yang sudah saya rangkum dalam bentuk tabel;
No |
Nama Media Grafis |
Kekurangan |
Kelebihan |
Sumber |
1 |
Grafik |
·
Hanya dapat menyajikan satu persoalan
|
·
Dapat memudahkan pembelajar dalam
memahami data kuantitatif suatu perkembangan ·
Data statistik yang sulit dibaca dapat
dengan mudah disajikan melalui grafik ·
Pembuatannya sederhana |
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group |
2 |
Banner |
o
Pemasangan
agak ribet o
Penyangga
mudah rusak o
Bobot
cukup berat |
o
Target
pembaca luas |
Internet |
3 |
Brosur |
·
Informasi tidak aktual
|
·
Biaya terjangkau ·
Informasi jelas dan spesifik ·
Pembuatannya cepat ·
Desain sesuai keinginan ·
Distribusi mudah · |
Internet |
4 |
Bulletin Board |
o
Membutuhkan
pemikiran dan perencanaan yang cukup matang |
o
Dekoratif o
Motivasional |
Smaldino, S. (2011). Instructional Technology & Media
Learning. Jakarta: Kharisma Putra Utama |
5 |
Flashcard |
·
Hanya menekankan indera penglihatan ·
Kurang efektif jika menerangkan gambar
yang kompleks ·
Penggunaan terbatas jika dalam kelompok
besar |
·
Praktis, guru yang mempergunakan tidak
butuh keahlian khusus ·
Ekonomis, murah dan mudah didapatkan ·
Mudah dibawa dengan ukurannya yang
kecil ·
Menyenangkan, bisa digunakan untuk
belajar sambil bermain |
Internet |
6 |
Flipchart |
o
Tidak
audiotif, sehingga guru berperan lebih untuk memfasilitasi materi audio o
Teacher oriented, siswa akan kesulitan
jika tanpa guru/fasilitator o
Kurang
efektif jika digunakan dalam kelompok besar |
o
Dapat
menyajikan pesan secara ringkas dan praktis o
Dapat
dilakukan di dalam ruangan atau luar ruangan o
Bahan
pembuatan relatif murah o
Efektif
membantu guru presentasi di area yang tidak ada listrik o
Mudah
dibawa kemana-mana |
Internet |
7 |
Karikatur |
·
Hanya dapat dipersepsikan indera mata ·
Memengaruhi sikap dan tingkah laku
orang yang melihatnya |
·
Dapat mengatasi keterbatasan pengamatan
kita ·
Murah ·
Mudah digunakan |
Internet |
8 |
Komik |
o
Ditinjau
dari segi bahasa, komik menggunakan kata-kata atau kalimat yang dapat
dipertanggungjawabkan o
Jika
digunakan dalam media pembelajaran, komik haruslah dibuat dengan sederhana
dan ringan o
Letak
tulisannya tidak biasa sehingga orang-orang terkadang malas membacanya. |
o
Menarik
perhatian o
Memotivasi
siswa untuk belajar o
Membangkitkan
rasa ingin tahu siswa |
Internet |
9 |
Mural |
·
Kualitas gambar tidak mksimal ·
Harus mendapat izin pemakaian dinding |
·
Bisadibuat di lokasi sempit ·
Murah ·
Menjangkau pembaca secara luas |
Internet |
10 |
Papan Flanel |
o
Bisa
lepas kapanpun o
Bila
terkena angin sedikit saja, bahan berjatuhan o
Harga
tidak murah o
Sukar
menampilkan pada jarak jauh |
o
Dapat
dibuat sendiri o
Efisiensi
waktu dan tenaga o
Menarik
perhatian o
Memudahkan
guru menjelaskan o
Item
papan flanel dapat diatur dan digunakan berkali-kali |
Internet |
11 |
Poster |
·
Informasi yang dimuat terbatas ·
Tidak semua materi dapat
divisualisasikan melalui poster ·
Sangat dipengaruhi oleh tingkat
pengetahuan orang yang melihat ·
Bila dipasang terlalu lama, maka akan
membosankan |
·
Mudah diingat; pembaca tidak mudah
melupakan isi pesan ·
Mengandung pesan tunggal, yang digambarkan
sederhana dan menarik ·
Dapat ditempel atau dipasang di mana
saja ·
Mudah dibaca dalam kurun waktu yang
singkat |
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group |
12 |
Majalah |
o
Pendistribuasiannya
tidak merata o
Terbatas o
Bahan
mudah rusak |
o
Dapat
digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama o
Informasi
dikemas mendalam o
Tampilan
lebih eksklusif dan bisa menarik minat |
Internet |
13 |
Gambar dan Foto |
·
Hanya mengendalikan indra penglihatan ·
Tidak seluruh bahan pelajaran disampaikan
melalui foto, seperti; proses mengandung gerakan-gerakan tertentu |
·
Dapat menghilangkan verbalisme ·
Dapat mengatasi ruang dan waktu ·
Mudah diperoleh |
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group |
14 |
Lukisan |
o
Harga
relatif mahal untuk jasa dan alat/bahan |
o
Tahan
lama untuk diingat o
Menarik
perhatian o
Memotivasi
siswa |
Internet |
15 |
Sketsa |
·
Hanya fokus pada indera mata ·
Gerakan yang digambarkan kurang efektif
|
·
Jika gurunya kreatif, idenya dapat
dituangkan ke dalamnya ·
Menarik perhatian siswa ·
Pesan yang disampaikan jelas |
Smaldino, S. (2011). Instructional Technology & Media
Learning. Jakarta: Kharisma Putra Utama |
16 |
Diagram |
o
Bersifat
simbolis sehingga terkadang sulit dimengerti o |
o
Rapi o
Memperjelas
suatu arti o
Penyusunan
sesuai |
Internet |
17 |
Bagan/Chart |
·
Pesan terlalu singkat |
·
Bentuk sederhana ·
Hemat biaya ·
Detail |
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group |
18 |
Kartun |
o
Ketahanan,
jika dicetak di kertas bisa rusak oleh siswa o
Penyimpanan,
ketika sedang tidak digunakan bisa menjadi sebuah masalah o
Mungkin
terlalu kecil untuk dilihat oleh grup o
Dua
dimensi yang terbatas |
o
Besar
sekali untuk menarik perhatian o
Pesan
yang banyak disajikan secara singkat o
Tidak
dibutuhkan perlengkapan o
Tahan
lama untuk diingat o
Memengaruhi
sikap dan tingkah laku |
Smaldino, S. (2011). Instructional Technology & Media
Learning. Jakarta: Kharisma Putra Utama |
19 |
Infografis |
·
Pembuatannya lama
|
·
Informasi lebih mudah
disampaikan/dipahami ·
Meningkatkan efektivitas pembelajaran ·
Membantu mendongkrak minat pembaca |
Internet |
20 |
Papan Magnetik |
o
Harganya
mahal |
o
Memindah-mindahkan
visual lebih cepat dibanding papan flanel o
Kualitas
baik o
Kecil
kemungkinan bagi visual untuk jatuh atau tergelincir. Mereka bergerak ketika
digerakkan |
Smaldino, S. (2011). Instructional Technology & Media
Learning. Jakarta: Kharisma Putra Utama |
0 Komentar