Sesuai dengan kemendikbud, Profil Pelajar Pancasila memiliki enam dimensi sebagai berikut; 1) beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2) berkebhinekaan global, 3) gotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Keenam dimensi tersebut perlu diperhatikan secara utuh dalam satu kesatuan oleh pendidik agar dapat mengembangkannya secara menyeluruh, sehingga peserta didik dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Setiap dimensi ; 1) beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2) berkebhinekaan global, 3) gotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Keenam dimensi tersebut perlu diperhatikan secara utuh dalam satu kesatuan oleh pendidik agar dapat mengembangkannya secara menyeluruh, sehingga peserta didik dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Tersebut terdiri dari beberapa elemen dan sub elemen.
Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Subelemen |
Fase B (Kelas III-IV, usia 8-10 tahun) |
Akhlak Beragama |
|
Mengenal dan mencintai
Tuhan Yang Maha Esa |
Memahami makna dari
sifat-sifat utama Tuhan dan mampu menghubungkannya dengan ciptaan Tuhan dan
konsep dirinya. |
Pemahaman
Agama/Kepercayaan |
Mengetahui dan
mendalami unsur utama dari sebuah kepercayaan dan agama. |
Pelaksanaan Ritual
Ibadah |
Senantiasa melaksanakan
kegaitan wajib beribadah dan mengikuti berbagai acara keagamaan yang sesuai
dengan tuntutan kepercayaannya. |
Akhlak Pribadi |
|
Integritas |
Memiliki kesadaran
mengenai pentingnya sikap berani untuk mengutarakan kebenaran dengan
kejujuran dan membiasakannya dengan kegiatan refleksi pada diri. |
Merawat Diri, secara
Fisik, Mental, dan Spiritual |
Mulai membiasakan diri
untuk disiplin, rapi, membersihkan dan merawat tubuh, menjaga tingkah laku
dan perkataan dalam semua aktivitas kesehariannya. |
Akhlak Kepada Manusia |
|
Mengutamakan persamaan
dengan orang lain dan menghargai perbedaan |
Terbiasa memberi
respons yang berhubungan dengan keadaan serupa dan berlainan yang
diidentifikasi dari hal yang ada dalam diri dan temannya. |
Berempati kepada orang
lain |
Terbiasa mengapresiasi
suatu hal dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. |
Akhlak Kepada Alam |
|
Memahani Keterhubungan
Ekosistem Bumi |
Mengetahui dan memahami
bahwa ciptaan Tuhan memiliki hubungan timbal balik antara satu dengan
lainnya. |
Menjaga Lingkungan Alam
Sekitar |
Terbiasa berperilaku
ramah dan memahami tindakan ramah dan buruk yang akan berdampak pada lingkungan |
Akhlak Bernegara |
|
Melaksanakan
Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia |
Mampu
mengaitkan wujud beriman kepada Tuhan dengan mengidentifikasi dan memahami
tanggungjawab dan hak orang di sekitarnya. |
Dimensi Kebhinekaan Global
Subelemen |
Fase B (Kelas III-IV, usia 8-10 tahun) |
Mengenal dan Menghargai
Budaya |
|
Mendalami budaya dan
identitas budaya |
Dapat mengidentifikasi
dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai kelompok di
lingkungan sekitarnya, serta cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi
dengannya. |
Mengeksplorasi dan
membandingkan pengethuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya. |
Dapat mengidentifikasi
dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya dengan orang lain di
tempat dan waktu/era yang berbeda. |
Menumbuhkan rasa
menghormati terhadap keanekaragaman budaya |
Memahami bahwa
kemajemukan dapat memberikan kesempatan untuk memperolah pengalaman dan
pemahaman yang baru. |
Komunikasi dan
Interaksi Antar Budaya |
|
Berkomunikasi antar
budaya |
Mendeskripsikan
penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh yang memiliki makna yang berbeda di
lingkungan sekitarnya dan dalam suatu budaya tertentu. |
Mempertimbangkan dan
menumbuhkan berbagai perspektif |
Mengekspresikan
pandangannya terhadap topik yang umum dan dapat mengenal sudut pandang orang
lain. m |
Refleksi dan
Bertanggungjawab Terhadap Pengalaman Kebhinekaan |
|
Refleksi terhadap
pengalaman kebhinekaan |
Dapat menyebutkan apa
yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan
budaya di lingkungan sekitar. |
Menghilangkan stereotip
dan prasangka |
Mengonfirmasi dan
mengklarifikasi stereotip dan prasangka yang dimilikinya tentang orang atau
kelompok di sekitarnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. |
Menyelaraskan perbedaan
budaya |
Mengenali bahwa
perbedaan budaya mempengaruhi pemahaman individu. |
Elemen Berkeadilan
Sosial |
|
Aktif membanhgun
masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan |
Mengidentifikasi cara
berkontribusi terhadap lingkungan sekolah, rumah, dan lingkungan sekitarnya
yang iklusif, adil, dan berkelanjutan. |
Berpartisipasi dalam
proses pengambilan keputusan bersama |
Berpartisipasi
menentukan beberapa pilihan untuk keperluan bersama berdasarkan kriteria
sedaerhana. |
Memahami peran individu
dalam demokrasi |
Memahami konsep hak dan
kewajiban, serta implikasinya terhadap perilakunya. |
Dimensi Gotong Royong
NO |
Elemen |
Subelemen |
1 |
Kolaborasi |
Kerja sama |
Komunikasi
untuk mencapai tujuan bersama |
||
Saling ketergantungan
positif |
||
Koordinasi sosial |
||
2 |
Kepedulian |
Tanggap terhadap
lingkungan sosial |
Persepsi sosial |
||
3 |
Berbagi |
Refleksi terhadap
pengalaman kebhinekaan |
Menghilangkan stereotip
dan prasangka |
||
Menyelaraskan perbedaan
budaya |
Dimensi Mandiri
NO |
Elemen |
Subelemen |
1 |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi |
Mengenali kualitas dan
minat diri serta tantangan yang dihadapi |
Mengembangkan refleksi
diri |
||
2 |
Regulasi diri |
Regulasi emosi |
Penetapan tujuan
belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk
mencapainya |
||
Menunjukan inisiatif
dan bekerja secara mandiri |
||
Mengembangkan
pengendalian dan disiplin diri |
||
Percaya diri, tangguh,
dan adaptif |
Dimensi Bernalar Kritis
NO |
Elemen |
Subelemen |
1 |
Memperoleh dan memrposes informasi dan gagasan |
Mengajukan pertanyaan |
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan |
||
2 |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran |
Menganalisis dan
mengavluasi penalaran dan prosedurnya |
3 |
Refleksi pemikiran dan
proses berpikir |
Merefleksi dan
mengavluasi pemikirannya sendiri |
Dimensi Kreatif
NO |
Subelemen |
Fase
B Kelas IV (8-10 tahun) |
Menghasilkan
gagasan yang orisinal |
Memunculkan
gagasan baru yang bermakna dari beberapa gagasan berbeda. |
|
2 |
Menghasilkan
karya dan tindakan yang orisinal |
Mengeksplorasi
dan mengekspresikan perasaannya sesuai minat dan kesukaannya dalam bentuk
karya atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan. |
3 |
Memiliki
keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan |
Membandingkan
gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan. |
0 Komentar